Sel Darah Merah (eritrosit)

Posting Komentar
Bacalah Beberapa Artikel sebelumnya seperti :

Hemoglobin (Hb)
Cord World Bank (Bank Darah Tali Pusat)
Uji Saring Untuk Penyakit Infeksi
Mikroalbuminuria dan Risikonya pada Penurunan Fungsi Ginjal
Pre Analitik, Analitik dan Paska Analitik Pemeriksaan Laboratorium
===============================================
Sel – sel darah merah di  bawah mikroskop tampak sebagai cakram bikonkaf. Bentuknya kecil, dengan diameter sekitar 7,2 mikron. Terdapat sekitar 5 juta sel/mm kubik darah. Dibentuk di sumsum tulang, dan jika telah matang, masuk kedalam aliran darah, dengan masa hidupnya sekitar 120 hari. Kemudian mereka akan pecah, lalu dengan sel – sel tertentu diangkut ke system retikuloendotelial. Sel – sel pengangkut tersebut amatlah khas perannya, serta tersebar luas diseluruh tubuh. Mereka sebagian besar berada dalam sumsum tulang, hati, limpa dan kelenjar getah-bening.

Sel darah merah sebagian besar mengandung zat yaitu Hemoglobin, fungsi utamanya ialah membawa oksigen menuju jaringan tubuh.




Gambar : Sel darah merah tampak samping dan atas, dalam bentuk normal sel darah merah berbentuk bikonkaf.
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar