Apa Perbedaan Hematologi Rutin dan Hematologi Lengkap

Apa Perbedaan Hematologi Rutin dan Hematologi Lengkap. Mungkin ada dari rekan-rekan ATLM yang masih bingung apa itu Hematologi Rutin dan juga Hematologi lengkap. Lebih jauh, dalam instansi tertentu, ada juga Hematologi 8 dan Hematologi 14. Nah, bagi rekan ATLM jangan khawatir disini saya akan menjelaskan apa itu Hematologi Rutin, Hematologi Lengkap, Hematologi 8 dan Hematologi 14 secara ringkas, dan semoga bisa di fahami ya :)
Gambar : infolabmed.com

Hematologi Rutin 

Hematologi Rutin, merupakan pemeriksaan hematologi secara rutin. Maksudnya, pemeriksaan hematologi yang sering diminta secara rutin oleh tenaga medis, seperti dokter. Apa saja sih, parameter atau jenis pemeriksaan hematologi rutin itu? Nah, berikut ini beberapa parameter pemeriksaan Hematologi Rutin ;
- Hemoglobin (Hb)
- Hematokrit (Ht)
- Trombosit (Tr)
- Leukosit (Le)

Di beberapa Rumah Sakit dan Klinik, dokter dan perawat kadang masih menamai pemeriksaan ini adalah H2TL (hb, Ht, Tro, dan Leu). Nah, jadi jangan kaget ya, misal ada dokter atau perawat menulis permintaan lab nya adalah H2TL, yaitu maksudnya adalah Hematologi Rutin ini. 

Di beberapa Rumah Sakit, jenis pemeriksaan Hematologi yang rutin bisa mencakup 8 parameter. 
Baca jugaPemeriksaan Neisseria gonorrhoeae, Bakteri Gram Negatif Diplokokus

Hematologi 8 Parameter

Hematologi 8 Parameter ini meliputi jenis pemeriksaan :
  1. Hemoglobin
  2. Hematokrit
  3. Leukosit
  4. Trombosit
  5. Eritrosit
  6. MCV
  7. MCH
  8. MCHC


Nah, ada loh sebuah Rumah Sakit yang meminta permintaan laboratoriumnya, adalah pemeriksaan Hematologi 8 Parameter. Jadi, di RS tersebut, Hemotologi Rutin nya adalah Hematologi 8 Parameter. Jadi, tergantung kita bekerja dimana, kebijakannya seperti apa. 

Di laboratporium klinik yang alatnya masih manual, bisa saja hematologi rutin nya itu hanya 4 parameter pada poin pertama diatas. Dan jika di rumah sakit yang sudah menggunakan alat hematologi analyzer, hematologi yang dimaksud bisa saja hematologi 14 parameter. 

Oke sampai disini sudah faham ya :D
Kita lanjut, pada pembahasan selanjutnya yaitu Hematologi 14. Apa itu?
Baca juga Cara Membeli Alat Laboratorium Sendiri? Harga MURAH!!!! Ada Banyak Faktor Resikonya

Hematologi 14 Parameter

Gambar : infolabmed.com

Hematologi 14 Parameter, sering diminta oleh dokter spesialis dalam. Untuk melihat jumlah diffcount. Jadi, jenis jenis pemeriksaan pada hematologi 14 adalah sebagai berikut :
  1. Hemoglobin
  2. Hematokrit
  3. Leukosit
  4. Trombosit
  5. Eritrosit
  6. MCV
  7. MCH
  8. MCHC
  9. Basofil
  10. Eosinofil
  11. Netrofil 
  12. Limfosit
  13. Monosit
  14. RDW
Nah, jika ada dokter yang meminta prosedur pemeriksaan Hematologi Rutin, teman-teman ATLM dikembalikan lagi ke instansi atau tempat kerjanya. Seringnya pakai yang mana? Poin pertama, atau kedua. 
Baca juga : Mengenal Alat Untuk Memeriksa Pembentuk Elemen Dalam Urin
Sedangkan untuk permintaan Hematologi Lengkap, biasanya adalah Hematologi 14 Parameter. Jadi, antara Hematologi Lengkap dan Hematologi 14 parameter ya itu itu juga, sama sama juga orangnya ya, ngga ada bedanya. 

Jadi, demikian artikel saya tentang Apa Perbedaan Hematologi Rutin dan Hematologi Lengkap, semoga dapat ilmu baru. Mohon maaf jika ada kesalahan. Silahkan klik Kontak, untuk menghubungi saya. 
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts