Sejauh Mana Kita Memahami Konsep IMAN

Sejauh Mana Kita Memahami Konsep IMAN. Hari ini saya mendapati beberapa mahasiswi sebuah perguruan tinggi di tempat saya bekerja untuk melakukan Praktik Kerja Lapangan. Dimana Peraktik Kerja Lapangan adalah sebuah sarana untuk memahami dunia kerja sebelum mereka benar-benar terjun di dunia kerja, dunia yang sebenarnya. 
iman islam,iman islam dan ihsan,iman islam dan ihsan pdf,iman islam dan ihsan ppt,iman islam adalah,iman islam ihsan ppt,iman islam ihsan pdf,iman islam ihsan insan kamil,iman islam ada 6,iman islam quotes,iman islamic meaning,iman islamic school,iman islamic center,iman islamqa,iman islamic name,iman islamic name meaning,iman islamic clothing,iman islam and ihsan,iman islamic events,iman islamic events cape town,iman islam karyam,iman islam ayet sure kavramlarının anlamları,iman islam ayet sure kavramlarının anlamları nelerdir,iman islam ayet sure kavramlarının anlamı,ada berapa imam islam,iman islam ansiklopedisi,iman and islam,iman aur islam,iman and islam pillars,islam iman and ihsan hadith,iman aur islam qtv,iman karyam and islam karyam,difference between iman and islam,iman atau islam dulu,iman agama islam,iman ve islam arasındaki ilişki,iman ve islam arasındaki ilişki kısaca,iman ve islam arasındaki fark,iman islam bedeutung,iman islam betekenis,iman islam.ba,iman by islam,iman in islam bangla,beza iman islam dan ihsan,islam beliefs iman,imam besar islam,iman berdasarkan islam,iman ve islam bilgileri fehmi kuyumcu,iman islam dan ihsan beserta dalilnya,iman dulu baru islam,rukun iman islam ada berapa,buku iman islam dan ihsan,rukun iman dan islam beserta maknanya,beda iman islam ihsan,pengertian iman islam ihsan beserta contohnya,rukun iman dan islam beserta dalilnya,buku iman islam ihsan,iman islam.com,iman islam ihsan cibril hadisi,iman islam ilmihali cubbeli hoca pdf,iman ve islam.com,iman islam ihsan dan contohnya,contoh iman islam dan ihsan,contoh iman islam ihsan,cahaya iman islam,ceramah iman islam ihsan,ceramah iman islam dan ihsan,cerita iman islam,cabang iman islam,rukun iman dan islam.com
Ilustrasi. (Foto : Google)

Usia mereka sekitar 20 sampai 21-an. Saya secara tidak sengaja menanyakan konsep IMAN tersebut kepada mereka. Saya menanyakan "Kenapa kalian Percaya?, atau Kalian meyakininya?" sederhana bukan pertanyaannya. 

Mereka menjawab bahwa Percaya dan Yakin itu beda. Yakin itu kita meyakini didalam hati, sedangkan percaya adalah meyakini dan kita mengucapkannya. Hemmm. Saya mikir keras. 
Baca juga Tidak Ada Pilihan Diantara Hitam Dan Putih
Saya lanjutkan, Iman menurut kalian apa? Yakin atau Percaya? 

Mereka menjawab, Iman itu Percaya. Eh Yakin. Eh Percaya. (Begitulah kira-kira). 

Saya beruntung sudah selesai memahami konsep IMAN ini. Alhamdulillah. Saya tidak berada pada posisi dimana saya bimbang dan galau dengan ke IMAN-an Saya. 

Saya bersyukur bahwa sudah selesai dengan memahami konsep IMAN. Tinggal bagaimana saya melaksanakan sebaik-baiknya apa yang sudah saya terima ke IMAN-an saya terhadap ISLAM. 
Baca jugaIlmu Pengetahuan Tidak Akan Lepas Dari Ilmu Dasar Yang Ada Pada Al Qur'an
Saya memilih ISLAM karena saya IMAN terhadap semua konsep ke ISLAM-an. Hanya saja, saya belum berada pada ekosistem yang dimana lingkungannya menerapkan semua sistem ISLAM. Masih boleh mendengarkan musik. Ghibah makanan sehari-hari. Sistem kerja yang terus diperah. 

Saya agak khawatir dengan banyaknya orang-orang yang terombang-ambing dengan ke imanannya sendiri. Saya mungkin akan berada dimana orang-orang membela sesuatu tanpa mereka fahami apa dan bagaimana sebenarnya yang terjadi. 

Semoga Allah memberikan jalan kepada orang-orang yang mau benar-benar hidup menurut sistem Islam yang tiada tanding. Semoga mereka segera tahu bahwa IMAN itu bukan hanya Yakin atau Percaya saja. 
Baca jugaBagaimana Rasanya Punya Anak Beda 1 Tahun?
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts