Teknologi Laboratorium Klinik

Posting Komentar
Sysmex KX-21N™ Automated Hematology Analyzer

 Laboratorium Klinik atau Laboratorium Medis ialah laboratorium di mana berbagai macam tes dilakukan pada spesimen biologis untuk mendapatkan informasi tentang kesehatan pasien (Wikipedia). Laboratorium klinik memiliki pembagian khusus seperti laboratorium khusus Hematologi, Kimia Klinik, Mikrobiologi, Serologi, dll.

Pada penatalaksanaanya Laboratorium klinik mengikuti perkembangan tekhnologi Laboratoriumnya seperti untuk pemeriksaan Darah Rutin yang meliputi pemeriksaan Hemoglobin, Lekosit, Hematokrit dan Trombosit yang awalnya masih manual kini sudah bisa menggunakan alat yang otomatis.

Beberapa produk seperti ini sekarang sudah mulai banyak di  kembangkan, seperti produk-produk Hematologi yang ssudah beredar dipasar produk kesehatan Indonesia kita bisa lihat beberapa contohnya seperti Sysmex, Pentra, Dirui, Mindray, dan lain sebagainya.

Produk-produk seperti ini mulai dari produk Eropa dan China sudah mulai beredar, dari kelebihan dan kekurangannya setiap alat pasti memiliki dua elemen tersebut. Sebaiknya perhatikan, siapa yang menjual alat tersebut. Apakah Anda sedang berursan dengan Distributor tunggalnya atau hanya pihak kedua atau bahkan pihak ke tiga. Harga yang ada didepan Anda bisa saja dari pihak ke tiga, cermatlah memilih suplayer untuk memenuhi kebutuhan klinik usaha Anda.

Prinsip Kerja Hematology Autoanalyzer 

Karena alat ini sudah full automatic, jadi pemakainnya tidak terlalu rumit. Pemeriksaan biasanya dilakukan oleh tenaga Laboran atau Analis Kesehatan, dilakukan dengan cara dicampurkannya Whoole Blood dan EDTA, kemudian dilakukan Aspirate ke alat tersebut.

 Kelebihan alat-alat seperti ini bisa memiliki kemampuan memeriksa Hematologi klinis meliputi CBC Mode (sampai 18 parameters): WBC, RBC, HGB, HCT, MCV,*RDW, MCH, MCHC, PLT, MPV, PCT, *PDW, % and # of LYM, MON and GRA. Semua itu tergantung Anda sebagai konsumen yang menentukan karena alat-alat seperti ini memiliki berbagai jenis dan tipe.
 Related Post :
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar